Keutamaan Bulan Muharram Dalam Islam

Keutamaan bulan muharram dalam islam – Ini adalah salah satu dari empat bulan suci di mana pertempuran dilarang. Bulan ini juga merupakan bulan yang sangat dianjurkan untuk berdoa, berpuasa dan melakukan perbuatan baik. Bulan ini juga dikenal sebagai bulan cinta kasih dan belas kasihan.

Dilansir dari laman Redaksi Dakwah, Ada beberapa keutamaan bulan muharram dalam islam sebagai berikut:

Bacaan Lainnya

Amalan yang dilipat gandakan

Bulan Muharram adalah bulan yang sangat istimewa. Bulan ini adalah salah satu dari empat bulan suci di mana peperangan dilarang. Bulan Muharram juga merupakan salah satu dari 10 bulan suci di mana Allah telah berjanji untuk menerima taubat hamba-hamba-Nya dan menghapuskan dosa-dosa mereka.

Nabi (damai dan berkah besertanya) berkata: “Tidak ada hari di mana amal saleh lebih dicintai Allah daripada sepuluh hari ini.” Mereka bertanya: “Bahkan jihad di jalan Allah pun tidak?” Beliau menjawab: “Tidak juga jihad karena Allah, kecuali orang yang keluar berjihad dan terluka, atau orang yang meninggal dunia.” (Al-Bukhari, Muslim)

Jadi apa saja amal saleh yang berlipat ganda selama bulan yang diberkati ini? Nabi (damai dan berkah besertanya) berkata: “Tidak ada hari yang lebih agung di sisi Allah dan amal saleh yang lebih dicintai-Nya daripada sepuluh hari ini, maka perbanyaklah membaca tahlil, takbir, tahmid, dan tahmid.” (HR. Bukhari)

Salah satu dari empat bulan yang disucikan

Muharram adalah bulan pertama dalam kalender Islam. Bulan ini adalah bulan yang paling suci dan penting dalam Islam. Kesucian bulan ini telah disebutkan dalam beberapa ayat Al-Qur’an serta hadits. Selama bulan ini, umat Islam dianjurkan untuk berpuasa dan melakukan perbuatan baik lainnya, seperti amal dan doa.

Berpuasa selama bulan Muharram termasuk berpantang makanan, minuman dan hubungan seksual dari fajar sampai matahari terbenam (atau senja). Banyak Muslim juga melakukan doa tambahan, membaca Al-Qur’an lebih sering dari biasanya dan berlatih menahan diri lebih dari waktu lain selama hidup mereka.

Hari Asyura

Hari Asyura adalah salah satu hari terpenting dalam kalender Islam. Menurut sejarawan Muslim Ibnu Katsir, pada hari inilah Tuhan mengungkapkan ayat-ayat Surat al-Tawbah (Pertobatan) kepada Nabi Muhammad.

Dikatakan bahwa selain menjalani kehidupan yang damai dan bersikap baik dan murah hati terhadap orang lain, Nabi Muhammad biasa berpuasa pada hari istimewa ini setiap tahun. Diyakini juga bahwa beliau akan melakukan salat tambahan pada hari ini juga.

Hijrahnya Rasullullah

Hijrah adalah migrasi Nabi Muhammad dari Makkah ke Madinah, yang terjadi pada tahun 622 Masehi. Dalam sejarah dan tradisi Islam, hijrah memiliki status yang sangat penting. Itu adalah migrasi pertama (hijrah) umat Islam dari Makkah ke Madinah. Ini adalah ketika Nabi Muhammad dan para pengikutnya meninggalkan Makkah menuju Yatsrib (Madinah), di mana ia akhirnya mendirikan rumah baru bagi komunitas orang beriman.

Muharram adalah bulan berkah, pengampunan, rahmat dan kebaikan. Selama bulan ini pintu-pintu surga terbuka lebar bagi mereka yang melakukan perbuatan baik. Pahala untuk perbuatan baik di bulan ini dilipatgandakan sepuluh (10) kali lipat. Muharram adalah waktu yang diberkati yang datang hanya sekali dalam setahun, jadi manfaatkanlah sebaik-baiknya dengan melakukan sebanyak mungkin perbuatan baik yang Anda bisa!

Seperti yang Anda lihat, ada banyak kebajikan yang dapat ditemukan selama bulan Muharram. Ketika kita merenungkan peristiwa-peristiwa yang terjadi di bulan ini, kita diingatkan akan kekurangan kita sendiri dan didorong untuk berusaha lebih keras mencapai tujuan kita. Nabi Muhammad (saw) adalah seorang pria yang dihormati oleh semua orang yang bertemu dengannya, dan bahkan hingga saat ini ajarannya terus menginspirasi orang-orang di seluruh dunia. Selain itu, penting tidak hanya bagi umat Muslim tetapi juga non-Muslim untuk memahami apa arti sebenarnya dari praktik-praktik Islam sehingga mereka dapat mengembangkan apresiasi terhadap Islam sebagai agama.

Pos terkait