Mengenal Ragam Jenis Penyebab Infeksi Tulang

infeksi tulang,osteomielitis adalah,infeksi tulang belakang,penyebab infeksi tulang

Infeksi tulang atau osteomyelitis menjadi salah satu jenis gangguan kesehatan yang umum ditemui di Indonesia. Penyakit infeksi ini bisa terjadi dalam bentuk penyakit akut maupun kronis. Keduanya sama-sama bisa menimbulkan bahaya bagi tubuh jika tidak diatasi dan diperiksakan ke dokter ortopedi. Apalagi jika dibiarkan saja dan tetap digunakan untuk beraktivitas seperti biasa.

Bacaan Lainnya

Penyebab Infeksi Tulang

Pada dasarnya infeksi tulang ini bisa disebabkan oleh berbagai faktor. Tentu saja faktor penyebab ini harus dicari terlebih dahulu supaya bisa dilakukan tindakan pengobatan terbaik. Berikut adalah beberapa faktor yang diketahui bisa menjadi penyebab terjadinya infeksi tulang atau osteomyelitis:

1. Infeksi Bakteri dari Aliran Darah

Pertama, infeksi tulang bisa disebabkan oleh adanya bakteri yang masuk melalui aliran darah. Kondisi ini bisa terjadi ketika ada infeksi yang berawal dari paru-paru atau saluran kemih. Biasanya bakteri tersebut akan masuk ke area tulang yang tergolong lemah lewat sistem peredaran darah yang mengalir di seluruh bagian tubuh.

Itulah mengapa pasien yang mengalami penyakit pneumonia biasanya akan memiliki risiko lebih besar terserang osteomyelitis. Selain itu orang yang mengalami infeksi saluran kemih juga bisa saja terserang infeksi tulang. Jadi sebaiknya pasien-pasien dengan kondisi seperti ini diperhatikan lagi terutama untuk menjaga kesehatan tulangnya.

2. Lemahnya Sistem Kekebalan Tubuh

Pada dasarnya infeksi memang terjadi saat sistem kekebalan tubuh atau imunitas melemah. Saat imunitas lemah, maka bakteri dan jamur akan lebih mudah masuk ke tubuh dan menginfeksi berbagai jenis bagian termasuk tulang. Jenis bakteri yang paling umum ditemukan menginfeksi tulang adalah Staphylococcus aureus. Jadi pastikan tubuh selalu dalam kondisi fit untuk menurunkan risiko infeksi seperti ini.

3. Luka Berat dan Parah

Infeksi tulang juga bisa terjadi akibat adanya luka berat dan parah seperti patah tulang. Biasanya patah tulang akan menyebabkan munculnya luka terbuka. Kondisi ini akan memperbesar kemungkinan masuknya bakteri ke dalam tulang. Apalagi jika patah tulang juga disertai dengan kondisi tulang yang pecah dan menusuk keluar kulit.

Itulah mengapa kondisi seperti ini sebaiknya tidak diatasi sembarangan. Segera bawa ke dokter untuk tindakan medis yang tepat. Selain itu masa pemulihannya juga harus dikontrol dan dikendalikan oleh dokter ortopedi sehingga fungsi tubuh bisa kembali seperti semula.

4. Kontaminasi saat Operasi

Ternyata infeksi tulang juga bisa terjadi karena adanya tindakan operasi yang justru malah menyebabkan kontaminasi. Tentu saja yang dimaksud di sini adalah tindakan operasi yang berhubungan dengan tulang. Misalnya seperti operasi penggantian panggul dan operasi patah tulang.

Infeksi tulang bisa diobati dan dirawat oleh dokter yang berpengalaman. Anda bisa berkonsultasi dengan dokter spesialis ortopedi, dr Lee Woo Guan yang memiliki jam terbang tinggi dalam mengatasi berbagai jenis masalah muskuloskeletal. Ikuti saran dan petunjuk pengobatan yang dilakukan oleh dokter untuk membantu tubuh cepat sehat kembali.

Pos terkait